Wednesday, February 10, 2010

Tentang Coklat Panas

Entah kenapa aku merasa perlu untuk menjelaskan tentang blog ini. Well, kenapa aku perlu membuat blog yang berisi cerita-cerita membosankan (hahaha) yang kebanyakan berbau pribadi? ‘Emang siapa sih lo? Bukan artis, pejabat, lo cuma nanung. Ga penting banget sih,,,’ Hmm kadang aku juga bingung sendiri kenapa aku begitu bersemangat menceritakan banyak hal dan sekali lagi itu kebanyakan kehidupan pribadiku, dimana aku benar-benar terlibat didalamnya. Karena sebenarnya aku tipe orang dibalik layar.

Jawabannya simple. Sama sekali bukan narsis atau sok merasa penting, tapi aku ingin berbagi tentang cerita-cerita yang siapa tahu dapat menginspirasimu. Aha apakah itu muluk-muluk? Ketika aku bercerita tentang keluargaku, aku harap engkau juga akan merasakan kehadiran keluargamu yang berharga itu dan tak sungkan mengungkapkan rasa bangga dan cintamu pada mereka. Ketika aku bercerita tentang pengalaman-pengalaman lucu, aku ingin membuatmu tertawa dan sudahlah, walau kadang sedih, mari kita tertawakan saja. Bukankah setiap orang punya sisi konyolnya sendiri? Haha. Lalu ketika aku bercerita tentang kisah-kisah kawanku, aku ingin mengatakan bahwa hidup kita begitu kaya karena ada banyak cerita yang harusnya membuat kita berpikir dan lebih dewasa. Yah semua membuat kita lebih dewasa kawan. Pengalaman-pengalaman, masa lalu, dan lingkungan sekitar. Aku ingin kau kadang mengingatnya dan mengemasnya kembali menjadi mindset yang lebih baik. Bahwa semua adalah proses pembelajaran. That’s great hah? Itulah yang aku maksud dengan “menertawakan hidup”.

Menertawakan hidup itu tak sekedar tertawa karena itu konyol, tapi tertawa karena kita ingin membuat hal yang tak damai menjadi simple dan tertebak, lalu menjadi lebih damai untuk kita sendiri dan orang lain. Singkatnya, mentransformasikan elemen-elemen negative menuju positif dengan berpikir positif dan rasional. Okey! Yeah I got it!? Apa itu tadi maksudnya. Never mind. Dan sebenarnya semangat menertawakan hidup itu bukanlah ciptaan Abu Nawas. Hehe aku cuma sotoy saja kalau dia punya semangat itu. aku hanya mengaguminya saja dan aku pikir, tokoh yang humoris dan cerdas macam beliau layak ditiru,,,hehehe.

Ow ya, kenapa aku kebanyakan menceritakan cerita nyata baik itu dari diriku sendiri, teman, lingkungan sekitar, dan bukan artis, tokoh sejarah atau orang-orang besar yang semua tak aku kenal. Karena aku nanung, adalah orang yang tak mau menebak-nebak. Ketika aku mengatakan sesuatu, aku ingin itu jujur dan karena aku terlibat di dalamnya. Tak hanya mengira-ngira. Misal aku bercerita tentang Pak Soeharto buanyak sekali, tapi aku tak begitu mengenalnya. Sebenarnya sah-sah saja sih, tapi aku merasa, aku tak ingin merugikannya atau menguntungkannya dengan ke-sotoy-anku, dengan sedikit pengetahuanku tentangnya yang aku dapat dari cerita-cerita dan buku. Yap aku hanya akan banyak cerita ketika aku terlibat banyak dengan objek itu, dan merasakan hawanya secara langsung. That’s why, tulisan-tulisan di blog ini akan terasa sangat pribadi. Dan kadang aku curcol atau bahkan ngegosip, tapi itu tetap dengan perspektifku, hahaha

Dan,,,kenapa coklat panas? Penjelasannya diatas noh. Coklat itu dalam bentuk kemasan yang disedu dengan air panas. Sebenarnya agak mahal juga sih, tapi terpaksa, karena sepertinya aku telah ketagihan. Dan dialah yang membuatku tak kesepian ketika menulis apapun. Aku suka Coklat Panas!? Oke selamat membaca tulisan-tulisan tak pentingku. Aku siap mendengar kisahmu atau apapun itu jika kau ingin bercerita denganku. Kau tahu dimana bisa menghubungiku. Siapa tahu saja, itu dapat menginspirasi (ah bahasanya berat banget), ulang, siapa tahu dapat membuat diriku yang bodoh ini menjadi lebih dewasa dan bahagia. Dan kawan-kawan semua tentunya. Jangan khawatir, aku tak akan menceritakannya kepada orang lain ketika aku merasa kau tak mengizinkannya. Dan kau tentu boleh menulis di blog bodohku ini. hehe

Semangat untuk mulai menertawakan hidup kawan!?

0 comments: